Panduan Penilaian SMK
Kurikulum 2013 diberlakukan mulai tahun pelajaran 2014/2015, penting rasanya untuk kita mengetahui
beberapa hal mengenai kurikulum 2013. Beberapa hal tersebut salah
satunya adalah dalam hal penilaian. Dibandingkan kurikulum sebelumnya
(KTSP), penilaian pada kurikulum 2013 tidak hanya ditekankan pada aspek
pengetahuan (kognitif) saja melainkan mencakup juga aspek sikap
(afektif) dan aspek keterampilan (psikomotor). Dalam penilaian kurikulum
2013 dikenal istilah penilaian otentik. Penilaian otentik merupakan
penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari
masukan (input), proses,dan keluaran (output) pembelajaran.
Penilaian pada aspek
pengetahuan dan keterampilan kurikulum 2013 dilakukan oleh guru dengan
rentangan nilai yang diberikan adalah skala 1-4 dengan kelipatan 0,33
berbeda dengan kurikulum sebelumnya menggunakan rentangan 1-100. Selain
perbedaan rentangan penilaian aspek pengetahuan dan keterampilan juga
mencantumkan predikat berdasarkan nilai yang diperoleh siswa. Untuk
penilaian pengetahuan guru dapat menilai melalui tes tulis, tes lisan,
dan penugasan. Pada aspek keterampilan guru dapat menilaianya melalui
penilaian kinerja, yaitu penilaian yang menuntut peserta didik
mendemonstrasikan suatu kompetensi tertentu dengan menggunakan tes
praktik, projek, dan penilaian portofolio.
Sedangkan, pada aspek
sikap dibagi menjadi dua yaitu sikap spiritual dan sikap sosial. Dimana
penilaianya hanya mencantumkan predikat yang dieroleh siswa. Pada
jenjang SMP, nantinya pada raport yang akan diterima siswa selain
dicantumkan predikat, dalam penilaian sikap juga dicantumkan keterkaitan
antar mata pelajaran yang berisi deskripsi kesimpulan dari sikap
peserta didik secara keseluruhan dalam mata pelajaran. Kesimpulan
tersebut diperoleh melalui koordinasi bersama dengan guru mata pelajaran
pada kelas yang sama. Teknik yang dapat digunakan guru dalam menilai
sikap siswa diantaranya observasi, penilaian diri, penilaian
antarpeserta didik, atau jurnal.
Selain hal di atas, pada
raport juga dicantumkan mengenai deskripsi pengetahuan, keterampilan,
sikap spiritual, dan sikap sosial tiap mata pelajaran diperoleh dari
guru mata pelajaran. Begitu banyak hal yang harus diketahui dan
dipelajari dalam melakukan penilaian kurikulum 2013, maka dari itu saya
akan berbagi panduan penilaian kurikulum 2013. Dimana dalam panduan
tersebut sudah dijelaskan secara terperinci mengenai penilaian kurikulum
2013. Panduan ini dapat diunduh pada link berikut.
Panduan penilaian SMK
Komentar
Posting Komentar